Sakit Kepala Karena Gangguan Telinga

Sakit kepala atau pusing kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Mennurut penelitian, penyebab pusing berasal dari gangguan telinga atau yang disebut dengan meniere syndrome. Hampir semua orang, entah itu laki-laki maupun perempuan pernah merasakan sakit kepala karena gangguan telinga.

Sakit kepala karena gangguan telinga bisa diawali dengan rasa di kepala yang berputar-putar disertai nyeri seperti ditusuk harum. Atau ada juga yang merasakan pusing mendadak. Misalnya sewaktu bangun dari duduk, seusai jongkok atau setelah membungkuk ketika mengambil sesuatu yang jatuh di lantai, Sakit kepala mendadak yang berlangsung hanya beberapa detik ini, biasanya diawali dengan penglihatan yang menjadi gelap sebelum akhirnya terang kembali.

Saking umumnya rasa di kepala, membuat penyakit sakit kepala karena gangguan telinga ini banyak diabaikan. Memang sedikit kepala ini bisa disebabkan oleh bayak hal. Salah satunya adalah gangguan pada telinga atau disebut juga dengan meniere syndrom. Dari beragam jenis sakit kepala, meniere syndrom menduduki peringkat pertama yaitu sebanyak (22%) sebagai penyebab utamanya. Sementara benign paroxysmal positional vertigo )BPPV) sebanyak 16%. Selanjutnya adalah radang pada saraf vestibulum (7%) dan gangguan pendengaran mendadak (4%). Selebihnya penyakit sakit kepala karena gangguan telinga disebabkan pada gangguan otak atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti pada saat diperiksa.

 Sakit Kepala Karena Gangguan Telinga

Sakit Kepala Karena Gangguan Telinga

Penyakit sakit kepala karena gangguan telinga biasanya karena memburukanya metabolisme cairan pada bagian dalam telinga sehingga bagian dalam telinga cairan berair. Ciri dari meniere syndrome adalah kepala terasa berpuatar hebat sampai penderita tidak mampu berdiri.

Keadaan kepala terasa berputar hebat pada sakit kepala karena gangguan telinga itu bisa berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Pada kasus berat, dapat berlangsung sampai setengah hari. Meniere syndrome terjadi secara tidak menentu dan dapat mengakibatkan kerusakan pada waktu datang. Pada banyak kasus bahkan penderita mengalami kehilangan penderita. Meniere syndrome banyak dialami orang-orang dengan usia produktif, terutama 30 hingga 60 tahun. Gangguan pada pendengaran yang terjadi secara mendadak sering kali sulit dibedakan dengan meniere syndrome. Akan tetapi, pada gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak, biasanya hanya terjadi sekali.

Memang salah satu penyebab dari pusing kepala adalah bisa disebabkan karena gangguan pada telinga atau yang biasanya disebut dengan meniere syndrome. Dan dari berbagai jenis sakir kepala meniere syndrome ini merpakan salah satu yang menduduki peringkat nomor satu sebanyak 22 persen dari penyebab utamanya. Sementara pada yang terjadi benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) sebanyak kurang lebih 16 persen. Dan penyebab pusing kepala selanjutnya adalah radang yang terjadi pada saraf vestibulum sebanyak 7 persen dan gangguan pendengaran yang mendadak terjadi sebanyak 4 persen. Biasanya selebihnya disebabkan karena adanya suatu gangguan yang terjadi pada otak, namun tidak diketahui penyebab pastinya.

Pusing kepala akibat gangguan telinga ini terjadi karena metabolisme yang memburuk pada cairan yang ada di dalam telinga yang membuat bagian dalam telinga menjadi berair. Gejala dari pusing kepala akibat gangguan telinga bisa ditandai dengan kepala pusing dan teraa berputar dengan hebat sampai penderita tidak bisa berdiri.

Rasa pusing kepala yang terjadi ini biasanya akan terjadi kurang lebih selama setengah jam. Untuk kasus yang lebih berat biasanya bisa berlangsung selama setengah haru. Meniere syndrome juga terjadi pada waktu yang tidak menentuk dan akhinrnya menyebabkan kerusakan yang terjadi pada waktu kemudian. Bahkan, untuk beberapa kasus ada yang menderita ketulian. Biasanya masalah meniere syndrome ini dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia produktif seperti usia 30-60 tahun. Dan penyebab dari penyakit ini muncul adalah karena stres yang terjadi secara terus menerus dan terjadi dengan serius.

Gejala dari meniere sydnrome yang menjadi penyebab salah satu satu pusing kepala ini juga mempunyai gejala yang sama dengan vertigo. Karena vertigo merupakan salah satu jenis penyakit pusing kepala yang disebabkan karena gangguan pada telinga. Yang membuatnya menjadi berbeda adalah jika meniere syndrome biasanya tidak disertai dengan telinga mendenging, namun jika vertigo terjadi karena adanya suatu bentuk pengelupasan di bagian dalam vestibulum yang masuk ke dalam semicular canal yang letaknya dibagian dalam kuping.

Infeksi yang terjadi pada vestibulum yang sering terjadi setelah penderita sembuh dari gangguan masuk angin. Dan untuk kasus yang seperti ini biasanya diperkirakan penyebab terjadinya meniere syndrome adalah karena infeksi yang disebabkan oleh adanya serangan virus. Untuk kasus pusing kepala yang berputar dengan hebatnya bisa terjadi dalam waktu beberapa hari.

Hal ini terjadi karena semicircular canal yang ada pada telinga kiri maupun kanan mengalami penurnuan disaat tubuh sedang melakukan suatu gerakan ternentu dan biasanya akan disampaikan menuju ke otak kecil sebagai suatu sinyal informasi bahwa adanya suatu gangguan yang terjadi di salah satu gangguan. Dan kemudian seluruh anggota pada tubuh akan mengalami gangguan ini dan berusaha untuk menjaga agar tubuh tetap dalam keadaan stabil.

 Sakit Kepala Karena Gangguan Telinga


=====================================

>>> Propolis untuk Mengobati Vertigo (Pusing Kepala) Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pusing Kepala and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *